Index» » » » » » » » » Mengejutkan Menteri Pertahanan Israel Putuskan Undur dari Politik

Mengejutkan Menteri Pertahanan Israel Putuskan Undur dari Politik

Kamis, 19 Desember 2013

  26 November 2012 
Menhan Israel Ehud Barak (Foto: AP)
 Ehud Barak (Foto: AP)
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengeluarkan pengumumkan mengejutkan, yang menyebutkan dia  undur dari dunia perpolitikan Negeri Yahudi itu. Keputusannya ini diperkirakan boleh mengguncang sistem politik di Israel menjelang pemilihan umum.

Mantan jenderal yang pernah pula menjadi Perdana Menteri Israel itu mengatakan, dia akan  memegang jabatan Menteri Pertahanan  Israel hingga pemerintahan baru terbentuk pada 22 Januariakan  datang.

"Saya tidak mengambil keputusan ini tanpa perhitungan. Ini sudah saya fikirkan matang-matang," ujar Barak, seperti dikutip Associated Press,  26/11/2012 .

Pengunduran diri Barak boleh menjadi hilangnya tokoh yang menjadi mediator dari pemerintahan keras dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. PM Netanyahu diperkirakan akan tetap mencuba meraih kepemimpinan di Israel untuk penggal keduanya.

Barak yang memegang faksi kecil di parlimen, seringkali bertindak sebagai utusan tidak resmi untuk Amerika Syarikat  guna memuluskan hubungan antara Pemerintahan Presiden Barack Obama dan PM Netanyahu, yang seringkali dilanda ketegangan. Ahli politik  berusia 70 tahun itu memutuskan untuk undur setelah Independence Party yang dipimpinnya, meraih momentum positif usai serangan militer Israel ke Gaza minggu  lalu.

"Saya terlalu letih dengan kegiatan politik saat, yang tidak pernah menjadi sebuah hasrat besar. Masih banyak cara lain bagi saya untuk mengabdi kepada negara, bukan hanya politik," lanjutnya.

Barak dan Netanyahu dikenal dekat selama empat tahun terakhir. Tetapi keduanya sepertinya beda pendapat mengenai rencana serangan tentera Israel terhadap fasiliti nuklir Iran. Rencana itu, amat ditentang oleh AS, yang meyakini masalah Iran masih boleh diatasi dengan jalan diplomasi.(faj)okezone.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar